Cara membedakan motherboard berkualitas dengan yang tidak

Posted by

Hei, sobat blogger, pastinya kalian semua tahu bahwa komponen terpenting yang ada di dalam suatu komputer adalah Motherboard atau Mainboard. Motherboard merupakan papan sirkuit utama yang berfungsi sebagai penghubung setiap komponen yang ada pada komputer. Motherboard ini mempunyai jalur - jalur sistematis yang menghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya. nah di motherboard ini terdapat bagian - bagian input maupun output berupa socket ataupun slot.
nah bagi kalian yang berencana untuk membeli sebuah motherboard baru, berikut saya berikan tips mengetahui motherboard yang bagus dengan yang standar. langsung saja ya disimak.. :)

Kebanyakan dari kita saat membeli komputer rakitan tidak memperhatikan beberapa hal penting, salah satunya adalah komponen Voltage regulator yang ada di motherboard. komponen ini berfungsi untuk mencukup beberapa kebuthan daya di seluruh komponen motherboard sehingga dapat bekerja secara maksimal. 

komponen yang dapat di bedakan :

Choke / Choil

choke standar

choke bagus
Komponen berbentuk kotak, tedapat dua tipe, yang pertama terbuat dari iron dan mudah di kenali karena kabel tembaga terlihat tebal. yang kedua dari ferrit, berupa kotak hitam tertutup. choke ferrit memiliki kualitas lebih bagus dibanding yang iron karena memiliki power loss yang lebih kecil.


Mosfet Transistor


mosfet standar
mosfet bagus
Transistor untuk voltage regulator circuit yang berjenis mosfet (metal oxide semiconductor field effect transistor). beberapa jenis transistor lebih baik di banding lainnya. transistor yang bagus memiliki nilai Switching resistance yang lebih kecil, biasanya disebut RDS (on). cara termudah mengetahui adalah dengan menghitung jumlah kaki pin transistor. kalau yang biasa memilki kaki 3 pin dengan pin tengah terpotong. sedangkan transistor dengan RDS (on) memiliki 4 pin dan semuanya terhubung dengan motherboard.




Kapasitor atau Elco

elco standar

elco bagus

Pada motherboard yang bagus, biasanya menggunakan kapasitor atau elco yang padat daripada kapasitor biasa.

nah demikian bagaimana cara agar kita bisa membedakan motherboard yang bagus dengan yang standar. walaupun kelihatannya kecil tetapi cukup mempengaruhi umur dari komputer kita kelak. dan kalau dari segi harga, sekarang untuk ukuran motherboard yang bagus pun sudah bisa terjangkau dengan harga sekitar 500 ribu saja.

semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi anda dalam memilih dan merakit komputer.. :)




Blog, Updated at: 11/24/2013

1 komentar:

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin