Bahaya Ransomware CTB Locker / WannaCry Virus

Posted by

Myrepairsolution, - 2015. Berbagai macam bentuk kejahatan manusia di dunia ini. bukan hanya di kehidupan nyata sehari - hari kita, tetapi juga di dunia maya yang tak luput dari sasaran para penjahat cyber atau yang biasa kita kenal sebagai Cyber Crime. bentuk Cyber Crime  ini tidak hanya meretas website - website saja, tetapi juga termasuk menyebarkan Virus, Malware, dan yang saat ini sedang marak adalah penyebaran Ransomware CTB Locker dan yang sekarang sedang heboh adalah Ransomware WannaCry.

kenali bahaya CTB locker
CTB locker mengintai !


yup, pada kesempatan kali ini, admin ingin membahas mengenai Ransomware yang satu ini yaitu CTB-Locker karena belakangan ini admin perhatikan banyak sekali yang terkena jebakan maut ini. karena di media sosial banyak yang bertanya "Kok file ane tidak bisa dibuka ?" atau "tolong gan, komputer ane terkunci dan tidak bisa dibuka ".
artikel kali ini akan membahas Pengertian apa iu Ransomware, apa itu CTB-locker, bagaimana cara kerjanya, dan cara mencegah agar tidak terkena CTB Locker ini.

Apa itu Ransomware ? 

CTB Locker atau Ransomware WannaCry merupakan salah satu ransomware yang berbahaya, nah sebelum membahas CTB locker lebih jauh, baiknya kita bahas apa itu Ransomware. 

Ransomware adalah salah satu tipe malware yang mencegah atau membatasi pengguna untuk mengakses sistem mereka sendiri. ransomware merupakan malware yang memaksa para korban untuk membayar 'ransom' atau 'tebusan' melalui beberapa pembayaran online seperti transfer antar bank atau bahkan transfer dalam mata uang bitcoin sebagai upaya untuk mendapatkan kembali akses ke sistem mereka atau mendapatkan database kembali.

Berbeda seperti malware kebanyakan yang membuat keributan namun tidak begitu mematikan seperti misalnya mengubah file menjadi shortcut dan berkembang biak secara offline, ransomware menginfeksi PC kita melalui jaringan online.

tebusan yang dibayarkan bervariasi tergantung dari pembuat ransomware tersebut, mulai dari 24$USD hingga 600$USD. tentu bukan jumlah yang sedikit bagi kita, dan lagi belum menjadi jaminan data kita akan dikembalikan setelah kita membayar uang tebusan.

Apa itu CTB Locker ?

kembali ke topik utama, CTB Locker atau CTB Virus merupakan salah satu ransomware yang belakangan ini menerjang berbagai kalangan utamanya para netizen.

contoh korban
korban keganasan CTB locker

CTB-virus ini menular melalui attachment email, dimana ransomeware ini dapat menjebak para pengguna yang mendapatkan email untuk mendownload dan menjalankannya, alih -alih menggunakan icon berekstensi .PDF, ternyata setelah di buka sebenarnya malah menjalankan dokumen .RTF dan merupakan jembatan untuk menjalankan varian Ransomware yang selanjutnya dapat mengenkripsi data dan dokumen penting kita.

data serta dokumen yang dienkripsi oleh CTB - locker ini diantaranya adalah :
  • .txt
  • .pdf
  • .ppt / .pptx
  • .doc / .docx
  • .xls / .xlsx
  • .jpg
  • .zip
  • .js
  • .cs
  • .sql (file database)
  • .mdb
  • .dll
dan setelah terinfeksi, file dengan ekstensi di atas akan berubah menjadi acak. seperti 

Skripsi BAB II.jadksf
dan segera setelah file terinfeksi, di layar monitor kamu akan muncul pemberitahuan seperti pada gambar di bawah ini.

tampilan peringatan CTB locker
tampilan jika terkena CTB locker

sayangnya, jika anda telah terinfeksi ransomware ini dan file anda telah teranjut terenkripsi maka anda harus siap untuk merelakan file tersebut, karena sampai saat ini belum ada aplikasi atau antivirus yang dapat membuka atau melakukan Decrypt dari CTB - locker ini, karena key dari enkripsi ini hanya ada di server si pembuat ransomware tersebut.

namun bagi kalian yang belum terkena dampaknya secara langsung, kalian masih bisa bernafas lega karena sekarang ini banyak antivirus yang sudah dapat mendeteksi keberadaan CTB locker ini. diantaranya PCMAV, Eset Antivirus, Malwarebytes, AVIRA, Scareware dan masih banyak lagi

Cara Mencegah Cryptolocker CTB

agar kita tidak terinfeksi program jahat ini, baiknya kita melakukan pencegahan yang bisa kita lakukan dari sekarang yaitu :
  • Lakukan Backup secara berkala untuk file penting kamu !
  • Gunakan Cloud Storage untuk menyimpan dokumen seperti Google Drive.
  • Install Antivirus serta pastikan selalu update agar AV dapat mengenali varian virus terbaru
  • Jangan Membuka email spam sembarangan !
  • Jangan Mendownload file apapun dari email jika kamu tidak yakin !
jika kamu melakukan hal di atas, bisa di pastikan kamu tidak akan terkena ransomeware varian CTB-Locker seperti ini :) dan ingat, bahwa cryptolocker ini dapat menyerang Sistem Operasi Windows XP, windows 7, windows 8, dan windows 8.1. walaupun belum pernah ada laporan ransomware jenis ini menyerang OS linux, dan macOS tentu tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya akan bisa tertembus juga :).

itulah dia artikel AWAS, BAHAYA VIRUS CTB - LOCKER MENGINTAI ANDA !. Semoga bermanfaat bagi kalian semua, bila kamu mempunyai masalah dengan virus Sality kamu bisa membaca artikel Solusi Mengatasi Virus Sality ini. 

jangan lupa untuk memberikan komentar di kolom bawah ini ya, ikuti terus blog Solusi Masalah Komputer ini dengan like fanspage Facebook kami ya !


Blog, Updated at: 2/01/2015

8 komentar:

  1. saya juga kebetulan bikin artikelnya gan, barangkali bisa bermanfaat sebagai referensi lain Apa Itu Virus Ransomware dan Cara Mengembalikan Data Yang Terinfeksi Virus Ini

    BalasHapus
  2. Kalau gitu data teman ane ancur gan,,? 3 hari yang lalu laptop teman ane kena ctb-locker dan mereka minta tebusan untuk mengembalikan data seperti semula. semua data laptop teman ane sama seperti yang agan jelaskan diatas, makasih gan infonya...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, sayangnya seperti itu gan, lain kali harus hati2 dengan email atau link yang mencurigakan.
      sama-sama, terimakasih sudah berkunjung ya.. :)

      Hapus
  3. bos lagi rame neh virus komputer Ransomware dan Virus Wanna Cry trend di google, kita mah nyimak aja untuk update informasinya mengenai virus komputer ini.
    salam kenal om admin
    obat pembesar penis

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, ransomware itu sebenarnya sudah lama, tapi yang wannacry ini dia dibuat dari teknologi NSA..
      btw, thanks udah mampir.. :)

      Hapus
  4. isu ini sudah kemana2 ampe2 gw dapet sms dari kominfo tadi pagi jadi bikin gw baper abis. Tapi saat ini masih aman2 aja, cuman yg gw rasain internatan gw lelet abis gak biasanya. apa gw nya aja yg baper kali ia. Soalnya itu loh ampe kominfo sms gak hanya gw aja beberapa kawan2 juga dapet. Ini fakta gw yg rasain obat pembesar penis

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, ransomware itu sebenarnya sudah lama, tapi yang wannacry ini dia dibuat dari teknologi NSA..
      btw, thanks udah mampir.. :)

      Hapus

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin