Solusi Memperbaiki Error "NTLDR is Missing" pada proses Boot

Posted by

Mempunyai komputer atau laptop dengan sistim operasi Windows memang memberikan banyak benefit alias manfaat, dimana selain mudah digunakan juga dapat dengan mudah kita lakukan kustomisasi atau perubahan pada tampilan sesuai dengan keinginan kita, namun tidak lah ada yang sempurna di dunia ini.

cara memperbaiki error "NTLDR is Missing"
NTLDR Error


sistim operasi yang satu ini juga mempunyai beberapa kekurangan diantaranya banyaknya virus yang beredar di antara pengguna sistim operasi windows ini dikarenakan memang pengguna komputer atau laptop di dunia ini masih di dominasi oleh Windows, seperti windows XP yang sedikit lagi akan "hilang" lalu windows 7 yang terdiri dari  banyak variant dan yang terbaru yakni sistim operasi windows 8.1. tak luput juga yaitu masalah pada area booting. seperti misalnya hilangnya file system di komputer atau tiba - tiba muncul error "NTLDR Missing". nah hal inilah yang mendasari saya kali ini membuat artikel mengenai Beberapa cara memperbaiki "NTLDR Missing".

ada beberapa jenis pesan dari masalah ini sendiri, walaupun berbeda penulisan tetapi pada dasarnya sama. berikut merupakan pesan atau message yang paling sering dialami oleh pengguna :

  • "NTLDR is missing Press any key to restart"
  • "NTLDR is missing Press Ctrl Alt Del to restart"
  • "Boot: Couldn't find NTLDR Please insert another disk"
pesan "NTLDR is Missing" ini muncul secara cepat pada saat komputer pertama kali dinyalakan, tepat setelah fase Power On Self Test (POST) selesai. windows akan secara otomatis me-load pesan ini jika file NTLDR hilang.

beragam jenis pesan error NTLDR
jenis pesan error


Penyebab masalah NTLDR

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah NTLDR error ini, alasan yang paling umum dan sering adalah ketika PC atau komputer mencoba untuk boot dari Hard drive atau flash disk namun yang terjadi adalah kesalahan pengaturan boot. dalam arti lainnya, komputer dalam hal ini akan mencoba untuk melakukan boot dari sumber yang tidak dapat melakukan boot. ini juga berlaku untuk media boot seperti optical drive atau CD atau bahkan disket.

Penyebab lainnya yang cukup sering adalah corrupt and misconfigured files, maksudnya file system yang ada di dalam hardisk itu telah rusak atau hilang akibat adanya bad sector pada hard disk atau BIOS yang tidak update atau kondisi kabel Hardisk yang tidak baik / rusak.


Beberapa Cara Memperbaiki error NTLDR Missing.

1.   lakukan restart pada PC atau laptop anda. pesan NTLDR akan muncul.

2.   lakukan pengecekan pada kondisi Floppy ( disket ) dan optical drive ( CD/DVD/BD) yang terkoneksi pada PC atau laptop anda. dan lakukan disconnect atau cabut semua perangkat yang tersambung pada komputer atau PC. pesan "NTLDR is missing" akan muncul ketika komputer mencoba melakukan proses boot pada perangkat non-bootable yang tersambung pada komputer anda. ( catatan : coba ubah posisi dan urutan booting pada komputer / laptop anda menjadi hardisk yang berada di urutan pertama ).

3.   lakukan Check pada Hard Drive dan semua pengaturan drive yang ada di BIOS. pastikan telah benar dan tidak ada kesalahan. kesalahan pengaturan pada BIOS juga akan meyebabkan pesan NTLDR error. ( catatan : pada motherboard versi tertentu, ada pilihan untuk melakukan reset / default. ini fungsinya untuk mengembalikan pengaturan BIOS pada kondisi semula ).

4.   Lakukan restore file NTLDR dan ntdetect.com yang ada di kaset installer windows XP/7. melakukan restorasi ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan CD installer Original.

6.   lakukan repair dan replace file boot.ini. ini akan membuat pesan error hilang.

7.   buat sebuah partisi boot baru pada windows XP system partisi. jika partisi untuk boot sector telah rusak atau tidak tersetting dengan benar, maka pesan NTLDR is Missing akan muncul.
8.    lakukan repair pada Windows master boot record. pesan NTLDR error akan muncul jika master boot record telah rusak.

9.    Reset semua internall data dan kabel power. NTLDR error juga bisa disebabkan oleh kurang kencangnya atau kerusakan pada kabel hardisk.

10.    Lakukan Update pada BIOS motherboard anda. 

11.    Lakukan repair pada installasi windows.

12.   Jika langkah - langkah diatas tidak bisa juga, lakukan proses install ulang. jika khawatir data anda hilang, anda bisa melakukan install ulang hanya pada partisi system saja.

masalah ini biasanya dihadapkan pada pengguna Windows XP,  namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada windows 7, seperti misalnya error BOOTMGR.

nah itu dia demikan lah cara mengatasi error pada saat booting dimana komputer menunjukan pesan "NTLDR is Missing".  jika komputer kamu juga sering terjadi Gagal booting namun bukan NTLDR, kamu bisa berkunjung ke artikel ini cara mengatasi gagal booting. dan jika kamu sedang melakukan proses install ulang pada sistem operasi windows XP namun gagal, kamu bisa melihat artikel : penyebab gagal install ulang windows XP.

semoga cara diatas dapat membantu masalah anda, jika ada pertanyaan seputar komputer / laptop silahkan kirimkan pesan melalui form komentar di bawah ini :) dan jangan lupa beri +1 atau share di social media yang kamu punya :)


Blog, Updated at: 3/18/2014

0 komentar:

Posting Komentar

semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tulis di kolom komentar :)

Favorite Post

Solusi Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Kontributor

Popular Posts

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow my blog with Bloglovin